WORLD WIDE WEB

Pendahuluan

 World Wide Web (WWW), lebih dikenal dengan Web, merupakan salah satu layanan yang dapat dipakai computer yang terhubung ke internet.
 Web pada awalnya adalah ruang informasi dalam internet, dengan menggunakan teknologi Hyperteks pemakai dituntun untuk menemukan informasi dengan mengikuti link yang disediakan dalam dokumen web yang ditampilkan dalam browser web.
 Kini internet identik dengan web karena kepopulerannya web sebagai standar interface pada layanan-layanan yang ada di internet, dari awalnya sebagai penyedia informasi, kini bisa digunakan untuk komunikasi dari email sampai chatting, sampai dengan melakukan transaksi bisnis(commerce).



 Web juga telah diadobsi oleh perusahaan sebagai strategi teknologi informasinya, karena beberapa alasan :
 Akses informasinya mudah
 Setup server lebih mudah
 Informasi mudah didistribusikan
 Bebas platform; informasi dapat disajikan oleh browser web pada system operasi mana saja.

Sekilas lahirnya web

 Pada th 1993, Tim Burners-Lee dan peneliti lain di European particle phtsics lab (CERN) di genewa swiss, mengembangkan satu cara untuk men-share data antar koleganya menggunakan sesuatu yang disebut hypertext. Pemakai di CERN dapat menampilkan dokumen pada layar computer dengan menggunakan software browser baru.
 Kode-kode khusus disisipkan ke dalam dokumen elektronik ini, yang memungkinkan pemakai untuk meloncat dari 1 dokumen ke dokumen yang lain. Hanya dengan memilih sebuah hypelink.
 Kemampuan internet dimasukkan kedalam browser ini sehingga loncat dari satu dokumen ke dokumen yang lain, tidak lagi dari satu komputer saja
 Atau kunjungi W3 websitenya di : http://www.W3.org/
 Kemampuan internet dimasukkan kedalam browser ini sehingga loncat dari satu dokumen ke dokumen yang lain dalam satu komputer saja tapi meloncat ke dokumen lain dan komputer yang lain juga.

World Wide Web Consortium W3C
 W3C mengembangkan teknologi yang dapat dioperasikan pada platform manapun, membawa web mencapai potensi yang utuh sebagai suatu forum informasi, commerce, komunikasi, dan lain-lain
 W3C dibentuk pada oktober 1994, dengan jumlah anggota lebih dari 400 organisasi anggota dari seluruh dunia, dan telah menghasilkan pengakuan internasional untuk kontribusinya pada perkembangan web.
 Atau kunjungi W3 websitenya di : http://www.W3.org/

Bagaimana WWW bekerja?
 Informasi web disimpan dalam dokumen yang disebut dengan halaman web (web Pages).
 Web pages adalah file-file yang disimpan dalam computer yang disebut dengan server-server web (web server)
 Komputer-komputer membaca web page disebut sebagai web client
 Web client menampilkan page dengan menggunakan program yang disebut dengan browser web(web browser)
 Broser web yang popular adalah IE, Neccape Navigator, Mozilla yang baru ada google crome

BROWSER WEB
 Browser web adalah software yang digunakan untuk menampilkan informasi dari server web.
 Software ini telah dikembangkan dengan menggunakan user interface grafis, sehingga pemakai dapat dengan mudah untuk pindah antar dokumen.
 Lynx adalah browser web yang masih menggunakan mode teks, yang akibatnya adalah tidak ada gambar yang dapat ditampilkan. Lynx ini ada pada lingkungan DOS dan *nik ( keluarga SO Unix )

Bagaimana browser mengambil page
 Suatu browser mengambil sebuah web page dari server dengan sebuah request. Sebuah request adalah sebuah request HTTP standar yang berisi sebuah page addres. Contoh page addres : http:/www.kitapunya.web.id/page.htm

Bagaimana browser menampilkan page
 Seluruh web page berisi instruksi-instruksi bagaimana untuk ditampilkan. Browser menampilkan page dengan membaca instruksi-instruksi ini. Instruksi yang paling umum dan paling mendasar untuk menampilkan adalah menggunakan sintak HTML. Tag HTML contohnya:

ini adalah paragraph



Server web
 Server web adalah computer yang digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen web, computer ini akan melayani permintaan dokumen web dari kliennya.
 Browser seperti IE berkomunikasi melalui jaringan dengan server web menggunakan HTTP. Browser akan mengirimkan request kepada server untuk meminta dokumen tertentu atau layanan lain yang disediakan oleh server. Server akan memberikan layanan jika tersedia juga dengan menggunakan protocol HTTP

0 komentar:

Posting Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com