GRAFIKA KOMPUTER

Grafika komputer (Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang

berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital.

Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang

kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image

processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering

dikenal juga dengan istilah visualisasi data.


Bagian dari grafika komputer meliputi:
Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Geometri (dari bahasa Yunani γεωμετρία; geo = bumi, metria = pengukuran)
secara harafiah berarti pengukuran tentang bumi, adalah cabang dari
matematika yang mempelajari hubungan di dalam ruang. Dari pengalaman, atau
mungkin secara intuitif, orang dapat mengetahui ruang dari ciri dasarnya, yang
diistilahkan sebagai aksioma dalam geometri.
Catatan paling awal mengenai geometri dapat ditelusuri hingga ke jaman Mesir
kuno, peradaban Lembah Sungai Indus dan Babilonia. Peradaban-peradaban ini
diketahui memiliki keahlian dalam drainase rawa, irigasi, pengendalian banjir dan
pendirian bangunan-bagunan besar. Kebanyakan geometri Mesir kuno dan
Babilonia terbatas hanya pada perhitungan panjang segmen-segmen garis, luas,
dan volume.
Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang
merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang
bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar
kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak.
Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi
menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak
bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.
Wayang kulit merupakan salah satu bentuk animasi tertua di dunia. Bahkan
ketika teknologi elektronik dan komputer belum diketemukan, pertunjukan
wayang kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar
bergerak, dialog dan ilustrasi musik
Rendering dapat diartikan Pembentukan gambar yang mengadung model
geometris, menggunakan warna dan bayang-bayang untuk memberikan tampilan
yang realistis.
Citra atau gambar atau bayangan atau imaji (dari Bahasa Inggris image, dan
Bahasa Latin imago) adalah benda yang dihasilkan atas upaya manusia dalam
mereproduksi kemiripan dari suatu obyek—biasanya obyek-obyek fisik/nyata.
www.

BAGAIMANA CARANYA MENGGAMBAR SEBUAH CITRA DI KOMPUTER?
CITRA = SEBAGAI SEGALA TAMPILAN BENTUK GEOMETRIS.

MENGGAMBAR CITRA = MENGGAMBAR BENTUK2 GEOMETRIS

DILAKUKAN DENGAN :
1. MEMULAI DENGAN BENTUK2 GEOMETRI SEDERHANA (TITIK, GARIS, BIDANG, LINGKARAN, DSB)
2. DENGAN MENGGUNAKAN PERMODELAN MATEMATIS, UNTUK MENGGAMBARNYA DENGAN PROGRAM KOMPUTER.

LEBIH SOLID = MENCIPTAKAN CITRA BERSAMA DENGAN EFEK2 VISUAL BERUPA EFEK CAHAYA DAN BAYANG-BAYANG. LEBIH DITUJUKAN KEPADA OBJEK 3 DIMENSI.


MENGGAMBAR OBJEK?
BERARTI :
–Shape/bentuk
–Posisi
–Orientasi (cara pandang)
–Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur)
–Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran cahaya)
–Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna)
–Dan lain-lain …


0 komentar:

Posting Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com